Cara Mengobati Keputihan dengan Bahan Alami

Sumber: doktersehat.com

Sebelum mengetahui cara mengobati keputihan secara alami, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang keputihan. Apa itu keputihan? Menurut klikdokter.com keputihan atau leukhorrhea merupakan cairan yang umumnya berwarna putih dari vagina. dilansir dari alodokter.com, keputihan atau vaginal discharge adalah lendir yang berfungsi untuk membawa sel-sel mati dan kuman dari dalam tubuh. Keputihan pada dasarnya merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita, namun keputihan menjadi berbahaya jika dibarengi dengan gejala penyakit lainnya. Menurut doktersehat.com keputihan tidak normal adalah cairan yang keluar dari vagina, namun warnanya sudah tidak bening lagi, warnanya bisa putih kekuningan atau kehijauan dan menimbulkan rasa gatal pada vagina. Keputihan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  1. Virus

Ini dapat mengakibatkan penyakit kelamin seperti herpes, HIV/AIDS, dan condyloma. Condyloma ditandaidengan tumbuhnya kutil yang sangat banyak disertai caira berbau. Virus herpes ditularkan lewat hubungan badan. Gejala keputihan akibat virus juga bisa menjadi faktor pemicu kanker rahim.

  1. Parasit

Parasit trichomonas vaginalis yang ditularkan lewat hubungan seks, perlengkapan mandi, pakaian dalam atau bibir kloset. Keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, tapi lubang vagina terasa nyeri bila ditekan. Kondisi ini dapat diatasi menggunakan obat herbal keputihan dari daun jambu. 

  1. Bakteri

Bakteri bacterial vaginosis dapat menyebabkan rasa gatal dan menganggu. Caurannya berwarna abu-abu, berair, berbuih dan berbau amis. Jenis bakteri lainnya juga memicu munculnya penyakit kelamin seperti sifilis. 

  1. Jamur

Biasanya disebabkan oleh jamur candida albicans yang memberikan rasa gatal di sekitar vulva. Akibatnya mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Biasanya terjadi pada saat kehamilan, penyakit kencing manis dan pemakaian pil KB. 

Lalu bagaimana cara mengobati keputihan secara alami? Terdapat beberapa oabt keputihan tradisional yang dapat digunakan sebagai cara mengobati keputihan secara alami seperti: 

  1. Lidah buaya

Tumbuhan ini dapat membantu meredam jaringan rahim dan membantu mencegah keluarnya cairan yang tidak normal. Cara menggunakan lidah buaya dengan memblender yang sudah dikupas kulitnya, lalu direbus bersama tiga puluh gram sambiloto dengan air secukupnya, air hasil rebusannya diminum secara teratur dua kali sehari. Air rebusan juga dapat digunakan untuk membersihkan vagina dalam keadaan hangat dan digunakan dua kali sehari.

  1. Delima kering

Buah ini dapat mengobati keputihan pada wanita. Kamu dapat menggunakan kulit delima kering, dengan cara merebus tiga puluh gram delima ering dan tiga puluh gram sambiloto dengan air 600cc. Rebus sampai air hingga 300cc. Setelah disaring, air rebusannya diminum secara teratur dua kali sehari.

  1. Yoghurt

Minuman seprti yoghurt murni atau tanpa pemanis bisa digunakan untuk mengobati keputihan karena mengandung bakteri baik yang disebut dengan probiotik. Ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri dan ragi dalam tubuh. Yoghurt sebagai salah sau cara mengobati keputihan secara alami dapat dengan mengonsumsi yoghurt alami, atau mengoleskannya pada sekitar vagina. Kamu juga dapat menggunakan yoghurt cair untuk membasuh vagina. 

Itulah beberapa cara mengobati keputihan secara alami. Kamu dapat menggunakan bahan lainnya seperti bawang putih yang dapat menghilangkan bakteri, virus dan jamur atau pisang yang dapat mengurangi rasa gatal pada vagina. Jangan lupa untuk selalu membersihkan area vagina dan menjaganya agar tetap kering sehingga terhindar dari keputihan. Jika kamu mengalami keputihan yang menganggu dan tidak normal, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>